Tips Sederhana Menjaga Lantai Marmer Agat Tetap Awet

Tips Sederhana Menjaga Lantai Marmer Agat Tetap Awet

Tips Menjaga Lantai Marmer

Klinklin.co.id – Banyak orang menggunakan marmer di apartemen dan rumah sebagai lantai ataupun hiasan dekoratif. Pola dan warna marmer dapat memberikan tampilan mewah nan elegan pada hunian sehingga banyak orang yang memilih marmer digunakan untuk hunian mereka. Keunggulan marmer antara lain tahan lama karena terbentuk dari hasil metamorf yang panjang dan alami. Maka marmer pun memiliki daya tahan lebih lama, lalu mudah di bersihkan karena permukaannya halus. Nah, berikut ini tips menjaga lantai marmer agar tetap awet.

Membersihkan Marmer Secara Rutin

Jika lantai dan dinding marmer tidak di bersihkan secara rutin, debu dapat menumpuk di permukaan marmer. Tidak hanya membuat marmer Anda terlihat kusam, tetapi juga dapat meninggalkan noda yang sulit dibersihkan. Oleh karena itu, permukaan marmer harus di bersihkan secara menyeluruh setiap hari, setidaknya dengan sapu dan pel secara rutin. Di akhir, pastikan permukaan marmer cepat kering setelah pel.

Jangan gunakan pembersih lantai.

Marmer memiliki sifat yang sangat berbeda dengan produk pelapis lainnya seperti keramik. Merawat marmer juga berbeda dengan keramik. Oleh karena itu, saat membersihkan marmer, jangan menggunakan pembersih lantai yang biasa di jual di toko dan supermarket. Kebanyakan produk pembersih lantai mengandung asam, basa, dan bahan kimia yang dapat merusak  marmer. Alih-alih membersihkan marmer, pembersih lantai ini justru bisa membuat marmer menjadi kusam, terkikis, dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Jangan ragu untuk segera membersihkan tumpahan

Tips menjaga lantai marmer selanjutnya yaitu jika Anda menumpahkan makanan atau minuman pada permukaan marmer, segera bersihkan. Segera bersihkan tumpahan sebelum meninggalkan noda pada marmer. Jika terlalu lama tidak di bersihkan, tumpahan soda, obat merah, cat, makanan, dll dapat meninggalkan noda yang sulit hilangkan. Noda yang membandel sulit di hilangkan sendiri. Jika marmer Anda sudah ternoda, Anda perlu menyewa jasa poles lantai profesional dari KlinKlin.

Beri lapisan pelindung

Lapisan marmer adalah pemberian lapisan pelindung untuk mencegah meresapnya cairan dan kotoran ke dalam pori-pori marmer. Ini melindungi marmer dan membuatnya tahan gores. Lapisan tersebut tidak mempengaruhi kilap marmer, bahkan akan menjaga kilap marmer lebih lama.

Jasa poles lantai dari KlinKlin biasanya mencakup pemolesan, penyelesaian akhir, dan pelapisan. Kemudian, yang perlu Anda lakukan hanyalah perawatan lantai sendiri. Perawatan ini juga memungkinkan adanya pelapisan marmer tambahan setelah marmer digunakan dalam jangka waktu lama.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Scroll to Top