Cara Merapikan Gudang yang Berantakan

Cara Merapikan Gudang yang Berantakan

Cara Merapikan Gudang yang Berantakan

Jika kita berbicara tentang gudang, yang kita bayangkan adalah suatu tempat atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan barang. Padahal fungsi utama dari gudang adalah untuk menyimpan barang, walaupun barang bekas atau jarang di gunakan lagi. Fungsi gudang begitu penting bagi pemilik usaha maupun di rumah, harus ada cara yang baik untuk membersihkan gudang agar terlihat rapi dan membantu kita dengan mudah mencari barang yang kita inginkan lebih banyak. Nah berikut ini ada beberapa cara merapikan gudang yang berantakan

Cara Merapikan Gudang yang Berantakan

Membuat dan memprioritaskan barang yang disimpan

Sebelum Anda mulai mengatur dan menyimpan semua barang di inventaris Anda, buatlah terlebih dahulu skala prioritas untuk setiap barang yang ada. Anda dapat memulai dengan mengkategorikan barang-barang yang akan tetap di simpan dan kemudian mengurutkannya berdasarkan seberapa sering barang-barang tersebut di gunakan.

Mengelompokkan item berdasarkan fungsi dan frekuensi penggunaan

Mengelompokkan semua item berdasarkan fungsi dan jenis dapat membantu Anda menemukan item dengan lebih mudah saat Anda membutuhkannya. Untuk barang berukuran kecil dan sedang seperti perkakas, buku bekas dan lain-lain, dapat menggunakan wadah berukuran sedang yang dapat di tumpuk hingga 4 lapis. Penutupnya memiliki sistem tarik sehingga memudahkan Anda memasukkan barang ke dalamnya.

Gunakan rak besi untuk menyimpan barang

Agar gudang terlihat lebih rapi, Anda bisa menyimpan dan menata barang pada rak besi. Khusus untuk gudang yang sempit, hindari penggunaan banyak rak yang tinggi dan lebar. Anda bisa memilih model rak besi 5 tingkat yang dapat di atur ketinggiannya tergantung kebutuhan.

Selalu menjaga kebersihan

Hal yang tidak boleh di lupakan ketika menginginkan gudang selalu bersih dan rapi adalah dengan menjaga kebersihan gudang. Anda bisa mulai rutin membersihkan seluruh bagian gudang seperti menyapu dan mengepel lantai, membersihkan dinding, langit-langit dan juga menyeka debu barang-barang di gudang dengan bulu tisu.

Optimalkan dinding gudang

Hindari meletakkan banyak furnitur di lantai, karena akan membuat gudang terasa semakin sempit. Anda bisa memanfaatkan dinding gudang dengan menambahkan rak dinding. Anda dapat menggunakan dudukan dinding ini untuk menggantung banyak barang, seperti perlengkapan saniter, tas, perlengkapan sanitasi, dan barang lainnya.

Nah, itulah beberapa cara merapikan gudang yang berantakan. Semoga bermanfaat, ya

Scroll to Top