cara merawat dan mencuci ac

cara merawat dan mencuci ac

Setiap benda elektronik perlu di rawat dengan baik agar masa pakainya dapat bertahan lama. Begitu juga dengan AC. Anda harus rajin mencucinya agar kualitas udara yang di hasilkan pun tetap bagus. Tapi, sebenarnya cuci AC berapa bulan sekali harus di lakukan? berikut ini cara merawat dan mencuci ac .

Setiap rumah tangga mungkin menyadari bahwa AC perlu di bersihkan secara berkala. Namun, tak semua orang tahu waktu cuci AC yang benar berapa bulan sekali. Ada yang mengira cuci AC harus dilakukan setiap bulan, tapi ada juga yang berpikir AC perlu di bersihkan saat udaranya sudah tidak terasa dingin saja. Hal ini tentu tidak tepat karena itu berarti udara yang di embuskan AC sudah tidak bersih.

cara merawat dan mencuci ac

 

Alasan Pentingnya Membersihkan AC Secara Rutin

Jika AC tidak di bersihkan melewati durasi waktu tertentu, maka kotoran akan makin menumpuk. Akibatnya, pembersihan jadi makin sulit. Selain itu, berikut sejumlah alasan lain yang mendukung pentingnya membersihkan AC secara rutin.

1. Agar AC lebih awet

Kita mungkin menganggap fungsi AC hanyalah mendinginkan udara. Padahal, AC mempunyai fungsi lebih dari itu. Di dalam AC terdapat filter yang menyaring debu serta kotoran yang beterbangan di udara. Nah, debu dan kotoran ini lama-kelamaan akan menumpuk di dalam AC dan bisa membebani kerja mesin AC.

 

2. Menghindari biaya perbaikan kerusakan yang parah

AC yang kotor, kinerjanya akan terganggu. Tumpukan kotoran yang jarang di bersihkan bisa membebani mesin AC sehingga membuatnya bekerja terlalu keras. Hal ini tentu tidak baik karena bisa membuat komponen AC cepat rusak dan aus.

Jika AC sampai rusak, biaya perbaikannya tentu lebih mahal daripada biaya membersihkan AC. Pada saat perbaikan, Anda juga mungkin harus mengganti komponen AC yang rusak dengan yang baru. Jadi, biaya yang harus Anda keluarkan jauh lebih besar dari pada biaya pembersihan AC.

Mengurangi biaya listrik

Alasan ini masih berkaitan dengan masalah yang di timbulkan oleh AC yang kotor. Karena AC harus bekerja lebih keras, maka daya listrik yang di gunakan pun juga jadi lebih besar. Akibatnya, biaya listrik yang harus Anda bayar pun jadi lebih besar.

 

Menjaga kualitas udara AC

Anda tentu ingin udara yang di embuskan AC tidak hanya dingin, tetapi juga bersih. Jika AC jarang di bersihkan, maka udara yang dikeluarkan pun kemungkinan mengandung kotoran dan bakteri. Jika terus di biarkan, jamur akan berkembang biak dan berpotensi menyebarkan mikroorganisme melalui hembusan udara yang dikeluarkan AC.

jasa cuci ac klinklin jakarta terbaik mengatasi masalah masalah kebersihan AC kesayangan anda. Segera hubungi customer service kami, untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan.

Scroll to Top