Ini Dia, Cara Cuci Sepatu yang Baik dan Benar

Ini Dia, Cara Cuci Sepatu yang Baik dan Benar

Cara Cuci Sepatu yang Baik dan Benar

Klinklin.co.id – Mencuci sepatu adalah kegiatan yang harus rutin kamu lakukan. Bila tidak, membiarkan sepatu kotor terlalu lama bisa menjadi tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Tak hanya mengundang penyakit, hal ini juga bisa memicu bau tak sedap pada kaki. Oleh karena itu, mari ketahui bagaimana sih cara cuci sepatu yang baik dan benar ?

Cara Mencuci Sepatu Agar Bersih Sempurna

Seperti pakaian, seprai, selimut, dan alat-alat pribadi lainnya. Sebaiknya kita harus selalu memperhatikan  kebersihan sepatu juga. Kebersihan diri penting untuk dijaga, termasuk memastikan sepatu dalam keadaan bersih sebelum pakai. Pasalnya, sepatu yang sudah lama tidak dicuci akan menjadi kotor dan lembap. Jika sudah begitu, bakteri dan jamur pun betah tinggal di sepatu Anda. Mengerikan, bukan? Mencuci sepatu tak hanya bisa menghindari kamu dari kuman dan bakteri, tetapi bisa membuat sepatu jadi lebih awet dan tidak gampang rusak. Lantas bagaimana cara mencuci sepatu yang baik dan benar itu? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara Cuci Sepatu yang Baik dan Benar

  1. Ketahui Bahan dan Jenis Sepatu Terlebih Dahulu

Sebelum mulai mencuci sepatu, sebaiknya kamu kenali dulu bahan dan jenis sepatumu. Karena jenis dan bahan sepatu mungkin memerlukan perawatan yang berbeda. Tidak semua jenis sepatu pembersihannya dengan cara dicuci. Kamu bisa membaca instruksi membersihkan sepatu yang tercantum di label atau kotak sepatumu.

  1. Cuci Sepatu Sesuai dengan Bahannya

Setelah mengetahui jenis dan bahan sepatu, kamu bisa mulai mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Misalnya, sepatu berbahan kanvas kamu bisa mencucinya dengan detergen atau sabun cair dan gosok dengan menggunakan sikat. Lalu, jika sepatumu berbahan kulit kamu cukup siapkan handuk, air hangat, dan detergen secukupnya.

  1. Jangan Lupa Bersihkan Sol Bagian Dalam dan Talinya

Tak hanya sisi luarnya, kamu juga harus memperhatikan bagian sol dan tali saat membersihkan sepatu. Sol sepatu adalah bagian yang terkena langsung dengan kulit. Maka itu, bagian ini tak boleh kalah bersih dibanding dengan bagian luar sepatu. Tali sepatu juga tidak boleh kamu lewatkan. Selain karena terlihat di bagian paling luar, tali sepatu juga rentan menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran. Setelah mencuci sepatu, kamu bisa menyemprotkan cairan disinfektan ke bagian sol untuk memastikan kuman yang tertinggal di dalam terbasmi sepenuhnya.

  1. Jangan Jemur Sepatu Langsung di Bawah Matahari

Langkah mencuci sepatu selanjutnya adalah tahap pengeringan. Namun, hati-hati karena tidak semua jenis sepatu bisa dijemur langsung di bawah sinar matahari. Beberapa bahan sepatu, seperti kulit, justru berisiko rusak jika membiarkannya terlalu lama di bawah matahari. Oleh karena itu, sekali lagi perhatikan instruksi atau cara membersihkan sepatu ksmu, ya! Biasanya, instruksi tersebut tertera di kotak sepatu saat baru membelinya.

  1. Simpan Sepatu dengan Benar

Selain mengetahui cara cuci sepatu, kamu juga harus tahu cara menyimpan sepatu yang baik dan benar itu seperti apa. Untuk mencegah jamur tumbuh di sepatu, pastikan kamu menyimpannya dalam keadaan benar-benar kering. Agar lebih aman lagi, kamu bisa menambahkan silica gel di dalam sepatu supaya kelembapannya terjaga.

Nah, itulah cara mencuci sepatu yang baik dan benar. Semoga setelah menerapkan langkah-langkah ini sepatumu menjadi bersih, awet, dan pastinya bebas kuman.

Oh ya, jika kamu memerlukan jasa bersih-bersih. Kami menyediakan Jasa Bersih-Bersih Terbaik di Balikpapan untuk membantumu menyelesaikanmasalah kebersihan. Entah itu membersihkan rumah, mencuci kasur, membersihkan sepatu,dan lain-lain. Apabila kamu mau, hubungi customer service kami dan atur jadwalnya.

Scroll to Top