Tips Membersihkan Jamur di Lemari Pakaian

Tips Membersihkan Jamur di Lemari Pakaian

Tips Membersihkan Jamur di Lemari

Keberadaan jamur yang sering muncul di lemari, pasti sangat menjengkelkan kan? Yuk segera atasi dengan tips membersihkan jamur di lemari berikut ini!

Pastinya Anda kamu mempunyai lemari pakaian sendiri, kan? Nah, benda yang satu ini tentunya sangat berjasa untuk menyimpan koleksi pakaian yang kamu miliki. Sayangnya, tak jarang lemari pakaian sering dihinggapi oleh jamur. Apalagi berbahan kayu yang mudah sekali jamur tumbuh. Salah satu penyebab lemari berjamur tak lain adalah kondisi lemari yang lembab. Perlu kamu tau, pertumbuhan jamur pada lemari dapat merusak barang yang disimpan di dalamnya, seperti baju, tas, atau perabotan lainnya. Selain itu, jamur juga bisa mempengaruhi kesehatan loh.

Namun, kamu jangan buru-buru membuang lemari yang sudah jamuran. Sebab, terdapat banyak tips membersihkan jamur di lemari yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Mari simak beberapa cara berikut ini untuk membersihkan dan mencegah jamur muncul kembali.

Tips Membersihkan Jamur di Lemari Pakaian

Mulai dari dengan menggunakan alas di bagian dalam lemari sampai mengoleskan alkohol, berikut adalah tips membersihkan jamur di lemari pakaian yang bisa kamu coba.

  1. Meletakkan Kamper di dalam Lemari

Cara agar lemari tidak berjamur adalah dengan meletakkan kamper di dalam lemari. Bukan hanya mengharumkan bagian dalam lemari, kamper juga bisa mencegah pertumbuhan jamur pada kayu. Pertama-tama kamu harus membersihkan lemari terlebih dahulu. Setelah membersihkan lemari, kamu hanya perlu meletakkan kamper di dalamnya. Tipsnya, untuk lemari pakaian atau makanan, sebaiknya gunakan kamper dalam kemasan atau masukkan kamper ke dalam kantong.

  1. Melapisi Lemari dengan Cat Pernis

Ketika lemari dihinggapi oleh jamur, bersihkan jamur dengan kain kering terlebih dahulu. Lalu, lapisi setiap sisi lemari kayu dengan cat pernis atau melamin. Cara ini dapat mematikan jamur dan mencegahnya kembali datang. Namun, pastikan juga kamu merawatnya dengan baik ya.

  1. Mengoleskan Alkohol Isopropil

Mengoleskan alkohol isopropil merupakan salah satu cara mengatasi lemari berjamur yang mudah dicoba. Tipsnya, kamu hanya perlu meneteskan alkohol pada lap kering. Selanjutnya, lap seluruh permukaan lemari, terutama yang berjamur. Jika jamur cukup sulit hilang, kamu bisa menggosoknya dengan sikat gigi bekas. Kemudian, biarkan lemari sampai benar-benar kering.

  1. Menggunakan Alas di Bagian Dalam Lemari

Bukan hanya mengatasi, cara mencegah jamur muncul kembali di lemari bisa kamu lakukan dengan memberi alas pada bagian dalam lemari. Gunakan koran atau plastik bening untuk melapisinya.

Namun, pastikan kamu mengganti alasnya secara rutin pada waktu tertentu agar lemari tetap bersih dan terhindar dari pertumbuhan jamur.

  1. Menggosokkan Jeruk Nipis dan Garam

Tips membersihkan jamur di lemari juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Kamu hanya perlu membuat larutan dari air perasan jeruk nipis dan garam. Setelah itu, celupkan sikat gigi bekas ke dalam larutan tersebut dan gosokkan sikat pada bagian lemari yang berjamur hingga bersih.

Itulah beberapa tips membersihkan jamur di lemari pakaian yang bisa kamu coba. Namun, ketika membersihkan lemari, bukalah jendela dan pintu terlebih dahulu supaya ada sirkulasi udara. Selain itu, gunakan sarung tangan karet, kacamata, dan masker agar terhindar dari kontak langsung dengan jamur.

Semoga Bermanfaat

Untuk Kamu yang mencari jasa profesional dalam hal kebersihan, hubungi kami Klinklin Indonesia. Caranya hubungi customer service kami di nomor yang sudah tersedia sesuai domisili kamu ya. Jangan lupa juga follow instagramnya @klinklin.indonesia @klinklin.surabaya @klinklin.kediri @klinklin.malang @klinklin.bpn @klinklin.bojonegoro @klinklin.jogja @klinklin.jakarta

Scroll to Top