Tips Membersihkan Furnitur Kayu

Tips Membersihkan Furnitur Kayu

Tips Membersihkan Furnitur Kayu

Klinklin.co.id – Meja dan kursi kayu merupakan salah satu furniture yang banyak dipilih orang. Perabotan kayu menghadirkan nuansa alami dan suasana hangat ke dalam ruangan dan sangat tahan lama. Selama penggunaan, debu, minyak kulit, dan noda air dapat menumpuk di furnitur kayu. Pembersihan furnitur kayu yang tepat sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima. Simak tips membersihkan furnitur kayu berikut ini.

Tips membersihkan furnitur kayu dengan cairan pencuci piring

  1. Bersihkan semuanya

Seka furnitur kayu dengan kain mikrofiber yang sedikit lembap untuk menghilangkan kotoran. Segera bersihkan dengan kain mikrofiber lainnya. Jangan biarkan air mengumpul pada furnitur kayu karena dapat melengkungkan permukaan.

  1. Menghilangkan residu lengket

Jika furnitur kayu Anda memiliki noda lengket, tambahkan sabun cuci piring ke kain mikrofiber dan periksa bagian kecil yang tidak mencolok untuk memastikan pelapisnya tidak luntur. Jika semuanya baik-baik saja, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air dan bersihkan area tersebut dengan lembut, lalu keringkan dengan kain mikrofiber lainnya.

  1. Coba pakai mineral spirit (opsional)

Dalam situasi yang lebih ekstrim, Anda harus mencoba mineral spirit. Tes pada porsi kecil terlebih dahulu untuk memastikan cairan tidak menghilangkan hasil akhir. Lakukan di area yang berventilasi baik, rendam sedikit dengan mineral spirit pada kain mikrofiber bersih dan gosokkan ke area yang lengket. Jika itu tidak berhasil, Anda harus mempertimbangkan untuk memperbaiki bagian tersebut.

Tips menjaga kebersihan furnitur kayu supaya tetap awet

Lapisan furnitur

Melapisi permukaan furnitur kayu dapat melindunginya dari noda, kelembapan, dan panas. Gunakan taplak meja kain atau tatakan meja.

Sering-sering membersihkannya

Membersihkan furnitur kayu secara teratur dapat membantu mencegah penumpukan, goresan, keausan, dan kerusakan lainnya.

Pindahkan dengan hati-hati

Saat memindahkan furnitur kayu, pindahkan barang-barang di atasnya agar tidak bergerak dan menggores permukaannya. Bungkus furnitur dengan selimut untuk melindungi furnitur dan hindari menyeret furnitur kayu di lantai.

Letakkan dengan baik

Tempatkan furnitur kayu dari sinar matahari langsung, sumber panas, dan area lembap, kecuali jika furnitur tersebut dirancang untuk penggunaan di luar ruangan. Cahaya dapat menghitamkan kayu, sedangkan panas dan kelembapan dapat melengkungkan atau merusak kayu.

Seberapa sering furnitur kayu harus dibersihkan?

Tetapkan jadwal pembersihan mingguan untuk membersihkan furnitur kayu. Tumpahan dan noda harus dibersihkan sesegera mungkin. Endapan yang terakumulasi yang membutuhkan pembersihan mendalam harus segera dihilangkan. Jika Anda membersihkan furnitur kayu secara teratur, kemungkinan kecil noda dan residu akan terdeteksi.

Nah itulah tips membersihkan furnitur kayu yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat

Cek info lengkapnya di www.klinklin.co.id. Dapatkan Layanan Jasa Bersih Rumah Denpasar dengan menghubungi customer service sekarang juga.

Scroll to Top